NASKAH DAN TEKS FILOLOGI

Posted: Juni 3, 2013 in Filologi

Naskah
Naskah adalah karangan yang masih ditulis tangan. Pengertian lain tentang naskah, yaitu naskah adalah tulisan tangan yang menyimpan berbagai ungkapan pikiran dan perasaan sebagai hasil budaya suatu bangsa masa lampau.
Sasaran kerja filologi adalah naskah kuno yang di dalamnya tersimpan ungkapan pikiran dan perasaan sebagai hasil budaya bangsa pada masa lampau. Kata ‘naskah’ berasal dari berasal dari bahasa Arab  نسخةyang berarti tulisan tangan. Dalam kata latin disebut ‘manuscript’, atau disebut juga ‘kodeks’(). Naskah dalam kajian filologi merupakan bentuk konkret suatu tulisan yang dapat dilihat dan dipegang.
Istilah Naskah-Teks di luar konteks Filologi
Dalam pemakaian sehari-hari, di luar konteks filologi, naskah merupakan kopi atau teks bersih yang ditulis pengarangnya sendiri, misalnya naskah disertasi atau naskah makalah. Naskah tidak lagi bermkna tulisan tangan. Disamping itu, istilah naskah dan teks dalam kehidupan sehari-hari juga dipakai dengan pengertian yang sama; misalnya, naskah pidato atau teks pidato.
Teks
Teks dapat diartikan sebagai kandungan atau muatan naskah. Jika naskah merupakan bentuk konkret suatu tulisan, maka teks adalah sesuatu yang abstrak yang hanya dapat dibayangkan saja. Teks sendiri terdiri dari 2 unsur yaitu isi dan bentuk. Di dalam isi, memuat ide-ide atau amanat yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca. Sedangkan bentuk, yaitu cerita dalam teks yang dapat dibaca dan dipelajari menurut berbagai pendekatan melalui alur, perwatakan, gaya bahasa, dan sebagainya.
Ada tiga macam teks menurut Lichaev(1917), seorang peneliti Rusia, yaitu:
1.       Teks lisan yang pada tradisi sastra rakyat disampaikan secara lisan dari mulut ke mulut.
2.       Teks naskah tulisan tangan dengan huruf daerah.
3.       Teks cetakan yang sudah mulai dikenal setelah seni cetk ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s